Skip to main content

Ketar Ketir Belajar Daring

Semenjak Pandemi covid-19 banyak yang berubah dari berbagai aspek dalam kehidupan kita. Banyak sekali aspek yang terdampak mulai dari bidang kesehatan, bidang ekonomi bahkan dibidang pendidikanpun memiliki dampak yang  sangat besar.

Murid yang awalnya bersekolah terpaksa harus belajar di rumah untuk sementara waktu, guru yang biasanya mengajar dan menyiapkan bahan ajar untuk keperluan di kelas terpaksa harus menyiapkan pembelajaran dengan format secara daring. Dalam kondisi seperti ini beberapa guru merasa tertantang untuk membuat pembelajaran daring menjadi lebih menarik. Saya mempunyai seorang teman guru sejarah di sebuah sekolah di Batam, setiap hari dia membuat konten pembelajaran di Chanel Youtubenya dan jadilah dia sekarang guru sekaligus jadi Youtuber. Teman saya yang lain memilih menjadi kreatif dengan cara membuat desain grafis materi untuk pembelajaran, lalu desain grafis tersebut dia posting di akun sosial miliknya. Semua cara-cara tersebut dilakukan oleh guru-guru agar bisa memberikan pengajaran yang terbaik terhadap murid-muridnya.

Jika beberapa guru memilih cara-cara kreatif untuk mengajar, namun juga tidak sedikit guru yang kurang adaftif terhadap kondisi pandemi seperti ini. Akhirnya murid hanya dibebankan tugas, tugas lagi dan tugas lagi. Bahkan tidak jarang tugas yang diberikan tanpa ada penjelasan terlebih dahulu, kondsi tersebut sangat menyulitkan siswa, maka tak jarang banyak argumen yang mengharuskan sekolah dibuka lagi (pembelajaran normal seperti biasa). Dalam kondisi seperti ini juga terdapat guru yang kurang bisa beradaptasi dengan teknologi, sehingga yang terjadi adalah kurang maksimalnya penggunaan aplikasi teknologi.

Pada dasarnya semua hal bisa dipelajari, yang penting ada kemauan, termasuk untuk menyiapkan pembelajaran secara daring. Ditempat saya Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung juga telah memfasilitasi guru-guru agar bisa belajar cara mengajar daring. Mulai dari  membuat presensi online, melakukan video Konferensi dengan berbagai aplikasi, membuat flyer dan mengelola ruang vicom. Bagi saya  kegiatan tersebut benar-benar dapat dirasakan manfaatnya, misalnya saat saya diminta untuk mengisi sebuah webinar yang diadakan oleh Prodi saya semasa kuliah dulu, saya sudah tidak canggung lagi untuk berbicara didepan webcam dan bisa menggunakan berbagai aplikasi video konferensi. Tentu saja yang paling penting adalah kemampuan penggunaan teknologi dapat saya implementasikan kedalam kelas.

Lalu bagaiman dengan guru yang ketar-ketir mengatur pembelajaran daring selama pandemic covid-19. sekali lagi kalau menurut saya adalah keiinginan untuk belajar dan berubah. Belajar bisa dilakukan dengan bertanya kepada sesama rekan guru, bisa juga mencari tutorial video di Youtube atau membaca artikel tentang pembelajaran jarak jauh ataupun yang lainnya. Intinya kita bisa jika ada kemauan untuk belajar. semangat untuk Bapak / Ibu guru di seluruh penjuru Nusantara.

 

Comments

  1. Replies
    1. Agik belajar pak haha.. Kadang tulisan e kyk sok "perfect" sendiri dalam hal pendidikan, tapi itulah gak pandai e. menceritakan ap yang sedang dialami pada hari itu aja

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hukum Gravitasi Newton

Hukum Gravitasi Newton menyatakan bahwa semua benda di alam semesta saling menarik dengan gaya gravitasi. Hukum ini diungkapkan oleh Sir Isaac Newton, yang menjelaskan bahwa gaya tarik-menarik ini tergantung pada massa dua benda dan jarak antara keduanya. Rumus hukum Gravitasi Newton : Perhatikan video berikut : Makna Rumus Hukum Gravitasi Proporsional terhadap massa: Gaya gravitasi antara dua benda berbanding lurus dengan hasil kali massa kedua benda. Artinya, semakin besar massa benda, semakin besar gaya tarik gravitasi yang dihasilkan. Berbanding terbalik dengan kuadrat jarak: Gaya gravitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua benda. Jika jarak antara dua benda bertambah dua kali lipat, maka gaya gravitasi menjadi seperempat dari semula. Penerapan Hukum Gravitasi dalam Kehidupan Sehari-hari Benda jatuh ke tanah: Bumi menarik semua benda ke pusatnya karena gaya gravitasi. Ini sebabnya benda jatuh ke bawah ketika dilepaskan. Orbit planet dan bulan: Gravitasi menjaga pl...

Game Angry Bird Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Praktikum Gerak Parabola

Oleh : Virandy Putra Pembelajaran Fisika merupakan salah satu pelajaran yang paling dihindari oleh siswa. Bahkan Fisika merupakan pelajaran yang paling sulit diantara pelajaran yang lainnya, sehingga banyak siswa yang kurang bersemangat dalam belajar. Keadaan ini sungguh ironis mengingat ilmu fisika adalah salah satu ilmu   yang harus dikuasai bagi mereka yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi terutama pada jurusan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Kondisi yang sama juga dialami para siswa ditempat saya mengajar yaitu di SMA Negeri 1 Sijuk. Pembelajaran fisika kurang menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Melihat kondisi tersebut saya sebagai guru berinisiatif untuk membuat pelajaran lebih menarik dengan memanfaatkan game Angry Bird sebagai perangkat kegiatan praktikum khususnya pada konsep gerak benda. Dengan memanfaatkan game Angry Bird diharapkan siswa lebih bersemangat dalam mempelajari fisika dan te...

Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik adalah susunan komponen listrik yang terhubung sehingga arus listrik dapat mengalir. Rangkaian ini digunakan untuk menyalakan lampu, menggerakkan motor, dan berbagai fungsi lainnya dalam perangkat elektronik. Terdapat 3 jenis rangkaian listrik 1. Rangkaian Seri : komponen dihubungkan dalam satu jalur. Arus yang mengalir sama di setiap komponen, tetapi tegangan dibagi 2. Rangkaian Paralel : komponen dihubungkan sejajar, masing-masing memiliki jalur tersendiri. Tegangan sama pada setiap komponen, tetapi arus terbagi. 3. Rangkaian Campuran : gabungan antara rangkaian seri dan paralel untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut : Rangkaian Seri Rangkaian seri adalah rangkaian listrik dengan pemasangan komponen berderetan dalam satu jalur aliran listrik. Pada rangkaian seri, arus listrik (I) yang mengalir pada setiap hambatan memiliki besar yang sama. Dengan demikian,  kuat arus total sama dengan kuat arus pada setiap hambatan (R).   Sementara itu, tegangan ...