Oleh : Virandy Putra
Pembelajaran
Fisika merupakan salah satu pelajaran yang paling dihindari oleh siswa. Bahkan
Fisika merupakan pelajaran yang paling sulit diantara pelajaran yang lainnya,
sehingga banyak siswa yang kurang bersemangat dalam belajar. Keadaan ini
sungguh ironis mengingat ilmu fisika adalah salah satu ilmu yang harus dikuasai bagi mereka yang ingin
melanjutkan ke Perguruan Tinggi terutama pada jurusan MIPA (Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam). Kondisi yang sama juga dialami para siswa ditempat saya mengajar
yaitu di SMA Negeri 1 Sijuk. Pembelajaran fisika kurang menarik perhatian siswa
sehingga siswa kurang fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Melihat
kondisi tersebut saya sebagai guru berinisiatif untuk membuat pelajaran lebih
menarik dengan memanfaatkan game Angry Bird sebagai perangkat kegiatan
praktikum khususnya pada konsep gerak benda. Dengan memanfaatkan game Angry Bird diharapkan
siswa lebih bersemangat dalam mempelajari fisika dan tentunya konsep fisika
lebih mudah dipahami oleh siswa.
Game
Angry Bird merupakan merupakan salah satu game yang banyak dimainakan karena
game tersebut mudah untuk dimainkan dan bersifat menantang. Berbagai konsep
fisika dapat dijelaskan menggunakan game Angry Bird diantaranya konsep Hukum
Hooke (Elastisitas), Usaha, Energi, Impuls, tumbukan dan gerak parabola.
Tantangan dalam pembelajaran menggunakan game Angry Bird adalah harus mengubah
konsep dalam game menjadi serangkaian kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum
menggunakan game Angry Bird tidak hanya untuk bersenang-senang tetapi yang juga
sangat penting adalah konsep fisika tersampaikan dengan baik.
Praktikum
menggunakan game Angry Bird saya terapkan pada materi gerak parabola. Materi gerak
parabola merupakan materi yang cukup sulit diterapkan pada mata pelajaran
fisika, sehingga perlu visualisasi menggunakan media pembelajaran. Game angry
bird dirancang untuk menjelaskan beberapa konsep tentang gerak parabola,
seperti pengaruh sudut lontar terhadap jarak benda dan ketinggian. Pengaruh
kecepatan awal terhadap jarak tempuh dan waktu. Pada saat melakukan praktikum
menggunakan game Angry bird, siswa tetap diminta untuk menentukan sudut lontar dan
waktu tempuh, sehingga esensi dari kegiatan praktikum tetap dilakukan. Selama
kegiatan praktikum siswa tampak antusias, karena siswa dapat bermain sambil
belajar dan lebih memahami konsep materi gerak parabola.
Strategi
belajar menggunakan game Angry Bird memberikan dampak positif bagi siswa. Siswa
lebih memahami konsep gerak parabola. Ada perubahan pemahaman konsep tentang
gerak parabola dari sebelum dan sesudah menggunakan game Angry Bird, siswa
lebih memahami pengaruh sudut lontar terhadap ketinggian serta pengaruh
kecepatan terhadap jarak tempuh. Dengan memanfaatkan game angry bird siswa
lebih bersemangat dalam belajar serta konsep fisika dapat tersampaikan.
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
ReplyDeleteDalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny