Edgar Dale dalam bukunya yang berjudul Audiovisual Methods in Teaching (1969) memberikan gambaran terkait dengan pengalaman belajar seseorang. Metode belajar yang melibatkan langsung dan menggunakan banyak indera didalam tubuh seseorang memberikan banyak pengalaman yang nyata, hal ini tentunya baik dalam proses mengingat pelajaran. Kegiatan belajar diluar kelas sangat dianjurkan oleh pemerintah, terlebih lagi kurikulum merdeka yang dicanangkan pemerintah memberikan kesempatan yang luas bagi guru untuk merancang proses pembelajaran, tidak hanya didalam kelas namun juga di luar kelas.
Pengalaman nyata dapat dilakukan melalui kegiatan belajar secara langsung, kegiatan belajar dengan konsep learning by doing (belajar dengan melakukan) tentunya membuat kesan pembelajaran yang baik bagi murid juga mampu memberikan pemahaman yang lebih seperti yang disampaikan Dale didalam bukunya.
Beruntung sekali sekolah kami SMA Negeri 1 Sijuk diberikan kesempatan untuk mengikuti program Biodiversity Nature Class yang diadakan oleh Lenggang Ecopark bekerja sama dengan Belitung Biodiversity Observer. Sebuah kelas riset yang diadakan oleh Lenggang Ecopark untuk mengenalkan kepada anak sekolah bagaimana cara melakukan riset dibidang biodiversitas atau keankeragaman hayati. Kegiatan yang dilaksanakan di Lenggang Ecopark diawali dengan pemberian materi oleh Akbar Alfarisyi di bidang riset keanekaragaman hayati khususnya pada capung, lalu dilanjutkan oleh Jaya dan Wanda di bidang perikanan, khususnya ikan hias air tawar yang ada di pulau Belitung.
Murid sangat antusias dalam proses pembelajaran karena langsung praktik di lapangan. Program kelas riset memungkinkan murid untuk merasakan atmosfer sebagai peneliti, saya dapat merasakan itu berdasarkan observasi yang saya lakukan selama mendampingi murid. Kelompok yang kedua melakukan observasi dan pengambilan sampel ikan dilokasi danau yang juga masih di kawasan Lenggang Ecopark. Berbagai peralatan digunakan untuk pengambilan sampel seperti saok (jaring untuk menangkap ikan), wadah penyimpanan, plastik dan juga tudung saji--yang juga digunakan untuk menangkap ikan. Paling tidak ada 4 jenis spesies ikan yang terdapat di lokasi danau tersebut, namun yang juga cukup mengejutkan salah satu murid berhasil mengambil sampel ikan kaca atau ikan yang bentuk tubuhnya transparan, laporan ini menambah informasi terkait ikan yang ada di danau tersebut.
Setelah 1 jam melakukan eksplorasi di kawasan Lenggang Ecopark, selanjutnya murid diminta memfoto hasil sampling ikan yang ada di kawasan hasil foto ikan akan ditindaklanjuti di grup WA untuk dicari kunci determinasi dari spesies tersebut.
Sebelum pulang kami semua berfoto di rumah keong dan juga terakhir murid diminta untuk menanam pohon kayu manis di lokasi Lenggang Ecopark. Program kemitraan seperti ini sangat baik dilakukan karena dapat membantu murid dalam kegiatan belajar di luar ruangan, dan tentunya sangat baik jika dilanjutkan pada kesempatan lain.
Comments
Post a Comment