*Oleh : Virandy Putra
AWAL
Kemampuan literasi sains merupakan hal fundamental
yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi era global untuk dapat
memenuhi kebutuhan hidup dalam berbagai situasi. Literasi sains dapat diartikan
sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mengidentifikasi pertanyaan
ilmiah dan mengambil simpulan berdasarkan fakta serta memahami karakteristik
sains.
Fisika merupakan salah satu bagian dari sains yang mempelajari hubungan antara perilaku dan struktur
benda yang dituangkan
kedalam sebuah teori atau hukum fisika. Pembelajaran
fisika seharusnya lebih ditekankan pada proses berpikir kritis untuk
mengarahakan siswa ke arah literasi sains.
Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sijuk kurang
diminati siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran fisika yang hanya terjadi satu
arah dari guru tanpa melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.
Salah satu penyebab pembelajaran hanya terjadi satu arah yaitu karena kurang
ketersediaan peralatan praktikum yang digunakan untuk menunjang proses
pembelajaran. Salah satu kit praktikum fisika yang tidak tersedia adalah kit
praktikum Hukum Ohm yang digunakan untuk menjelaskan konsep listrik dinamis. Melihat
kondisi tersebut, perlu dibuat dan dikembangkan Kit Praktikum Hukum Ohm yang
dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman terhadap konsep fisika sehingga
literasi sains dapat tercapai khususnya pada mata pelajaran fisika.
TANTANGAN
Tantangan yang dihadapi adalah rendahnya motivasi
belajar siswa dan siswi di SMA Ngeri 1 Sijuk khusunya pada mata pelajaran
fisika hal ini dikarenakan pembelajaran yang bersifat monoton yang hanya
terjadi satu arah dari guru ke siswa. Pembelajaran yang bersifat monoton
terjadi karena kurang ketersediaan peralatan penunjang proses pembelajaran
sehingga metode pembelajaran yang digunakan lebih banyak menggunakan metode
ceramah.
AKSI
Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu
pengembangan alat praktikum yang dalam prosesnya terdiri dari langkah-langkah
pengembangan sebagai berikut: (a) Rancangan Alat yang terdiri dari kegiatan Menelaah
SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar), Mengumpulkan materi dan
Membuat rancangan (b) Pembuatan Alat yang terdiri dari kegiatan mengumpulkan
alat dan bahan, membuat alat dan Lembar Kerja Siswa (c) Penilaian alat yang
terdiri dari kegiatan pengujian alat, Penilaian alat dan Revisi alat (d) Uji
coba alat yang terdiri dari kegiatan pembelajaran dan penilaian respon siswa.
Gambar 1. Kegiatan Pembelajaran
Menggunakan KIT Praktikum LIstrik DInamis
PERUBAHAN
Perubahan yang terjadi setelah menggunkan alat yaitu
pengembangan Kit Praktikum Hukum Ohm setelah dinilai oleh tim ahli terkategori
Baik pada Aspek Isi dan Aspek Teknis. Pemahaman konsep Fisika pada materi
listrik dinamis berdasarkan hasil pretest dan postest mengalami kenaikan
sebesar 18,4 %. Respon siswa terhadap Kit Praktikum berdasarkan hasil angket
pada Aspek Isi dinilai Sangat Baik dan Aspek Teknis dinilai Baik. Perubahan
pembelajaran yang terjadi yaitu siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran
karena dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran. Literasi sains juga
terujud berdasarkan pemahaman dan kecakapan ilmiah yang diamati dari proses
pembelajaran.
Comments
Post a Comment